Beranda > Berita Tragis > Hmm…Marzuki ke Irak Bawa Tujuh Staf dengan Dana Rp 618 Juta

Hmm…Marzuki ke Irak Bawa Tujuh Staf dengan Dana Rp 618 Juta

Marzuki Alie. TEMPO/Imam Sukamto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kunjungan Ketua DPR RI Marzuki Alie ke Irak menuai kecaman. Selain agendanya tidak jelas, Marzuki juga mengajak tujuh stafnya. Total dana yang dihabiskannya selama enam hari di Irak mencapai Rp 618 juta.

Seknas FITRA sebagai LSM yang konsen dengan anggaran pemerintah mencatat beberapa imbauan yang pernah disampaikan Marzuki untuk anggota DPR RI.

“Ketua DPR, Marzuki Alie pernah mengatakan kepada publik, dia pernah mengimbau kepada anggota DPR jangan ke Luar negeri. Saat ini, sudah terjawab apa arti dari himbauan ketua DPR ini kepada anggota DPR lain supaya jangan plesiran ke luar negeri,” tulis Kordinator Investigasi dan Advokasi FITRA Uchok Sky khadafi dalam rilis yang diterima Tribunnews.com di Jakarta, Minggu (1/5/2011).

Uchok mengatakan, bahwa apa yang disampaikan Marzuki, hanyalah pemanis bibir untuk menarik simpati publik. Yakni agar hasrat tersembunyinya sebagai Ketua DPR tidak diketahui publik yang ingin juga melakuka kunjungan ke luar negeri.

“Kalau ketua DPR ingin menghimbau anggota DPR lain jangan ke luar negeri, sebaiknya lebih dulu menghimbau diri sendiri sebagai Ketua DPR konsisten tidak keluar negeri sehingga dipatuhi dan diteladani oleh anggota DPR lain,” lanjut Uchok.

FITRA juga mengungkap pelanggaran yang dilakukan Marzuki. Yakni membawa tujuh orang staf. “Membawa tujuh staf sudah sangat melanggar ketentuan yang telah diatur oleh Sekjen DPR. Setiap alat perlengkapan yang akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, harus membawa dua orang staf saja,” lanjut Uchok.

Dengan membawa tujuh orang staf,maka rombongan Marzuki telah melebihi kuota sebanyak lima orang. “Dan ini berarti telah melakukan pemborosan uang negara,” tambah Uchok.

FITRA juga menyatakan keanehan bahwa keberangkatan Marzuki dan rombongan ke Irak hanya untuk menjalin kerjasama di bidang energi. “Dan menjadikan rombongan ketua DPR ini sudah seperti jajaran ekskutif negara saja, dan sebetulnya tidak ada kaitan dengan fungsi, dan tugas sebagai anggota DPR seperti Pengawasan, Legislasi, dan Penganggaran,” lanjut Uchok

Kategori:Berita Tragis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: